Hearty Service Trainer

Susah Senyum? Ini Solusinya

“Saya emang gini orangnya, susah senyum dari sononya”
“Biar wajahku jutek yang penting hatiku baik”
“Senyum? Ngapain? Yang penting kerjaanku beres!”

Beberapa ungkapan diatas seringkali dilontarkan oleh mereka yang malas senyum atau yang merasa susah senyum. Padahal telah jelas anjuran dalam agama:

“Jangan pernah meremehkan kebajikan sedikitpun walau berupa engkau bertemu saudaramu dengan wajah berseri”
-Hadis Riwayat Muslim-

Masalahnya sebagian orang merasa jika susah senyum itu memang bawaan lahir. Sebagian lagi merasa senyum itu tidak penting, karena senyum itu ibarat bungkus saja dan yang penting adalah hati atau isinya.

Pendapat semacam ini hanya akan menjauhkan orang tersebut untuk berusaha bisa mudah senyum. Padahal jika tahu ilmunya, senantiasa tersenyum itu sangat mudah. Hanya butuh syaraf wajah yang lentur dan terlatih.

Untuk mengasah kelenturan syaraf wajah, kita bisa melakukan senam wajah secara rutin. Senam wajah ini saya kenal pertama kali saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ‘teater’ di SMA. Kami biasa melakukannya sekitar sepuluh menit sebelum latihan. Senam yang identik dengan memonyong-monyongkan mulut ini caranya cukup mudah.

Rangkaian gerakan senam wajah adalah:
ü Gerak mata: awali dengan mengedipkan mata kanan lalu tahan dalam delapan kali hitungan. Lepaskan, beri jeda sebentar sekitar tiga kali hitungan lalu ulangi sampai lima kali. Ganti mengedipkan mata kiri dengan cara dan hitungan yang sama. Tutup kedua mata lalu angkat alis setinggi mungkin. Buka kedua mata lebar-lebar lalu angkat alis setinggi mungkin hingga dahi berkerut.

ü Gerak Pipi: lakukan gerakan menyedot sehingga pipi mengerut ke dalam, bibir mengatup. Tahan dalam delapan kali hitungan, beri jeda sebentar (kembali ke posisi normal) sekitar tiga kali hitungan lalu ulangi sampai lima kali. Lanjutkan dengan mengembungkan pipi seperti saat meniup balon tahan hingga delapan hitungan, beri jeda sebentar sekitar tiga kali hitungan lalu ulangi sampai lima kali.

ü Gerak Mulut: tersenyum selebar mungkin dengan bibir tetap terkatup dan tahan posisi ini selama delapan hitungan, beri jeda sebentar (kembali ke posisi normal) sekitar tiga kali hitungan lalu ulangi sampai lima kali. Bentuk mulut seperti akan mencium dengan memonyongkan bibir ke depan. Setelah itu gerakkan bibir ke arah pipi kiri. Tahan, lalu lepaskan. Setelah beberapa kali ganti arah ke pipi kanan. Buka mulut seperti ketika mengucapkan huruf vocal: A, I, U, E, O, tanpa mengeluarkan suara.

Mudah bukan? Bahkan menurut ahli kecantikan, senam wajah ini selain menjadikan kita lebih ekspresif juga bisa membuat wajah menjadi cerah dan awet muda. Senam wajah juga bisa memperlancar peredaran darah yang mendorong regenerasi sel sehingga wajah kelihatan lebih cerah.

Jadi tunggu apalagi? segera miliki wajah cerah, berseri dan senantiasa mudah tersenyum dengan cara melakukan senam wajah ini secara rutin. Kita tidak memerlukan waktu dan tempat yang khusus di antara kesibukan kita. Kita bisa melakukannya di sela-sela kesibukan. Saat istirahat di kantor, sambil memasak di dapur, dalam perjalanan ke tempat kerja atau sambil apa saja. Asal jangan melakukan senam wajah sambil melayani customer di depan Anda. Bisa ada silent message yang tersampaikan nantinya hehe….

Yuk rutin senam wajah!
Agni S. Mayangsari
Hearty Service Trainer
Follow >> Twitter @a_mayangsari | IG @Hearty_Service | (FB Group) Service Itu Disini

1 Comment

  1. 04/08/2018    

    selain bnayak manfaatnya senyum juga kan ibadah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What They Say

Follow Me