Hearty Service Trainer

Strategi Dakwah Menurut Al-Qur’an

strategydakwahDulu, saat Anda masih duduk di bangku sekolah dasar ditanya “Apa cita-citamu?” apa jawaban Anda? Apakah dokter, guru, pilot, polisi, tentara, insinyur atau presiden? Tak banyak anak pada jaman saya SD -di tahun 80an- yang mengenal profesi entrepreneur, CEO, bahkan trainer atau motivator. Saat SD dulu, saya selalu menjawab “Guru” adalah cita-cita saya. Meski seiring perkembangan pergaulan, ketika SMP hingga SMA di jaman saya ada tren saling bertukar buku diary, saya seringkali menuliskan “menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama” dalam kolom cita-cita. Ya, makin besar malah makin ga jelas gambaran tentang cita-cita hehe… Makanya, jalan hidup saya pun dipenuhi dengan profesi yang beragam. Mulai dari guru les, SPG furniture, sekretaris, PR, dosen, hingga akhirnya berakhr pada pilihan hati saya: Trainer. Mungkin Anda juga mengalami hal yang sama.

Layaknya seorang guru, trainer juga adalah penyampai ilmu. Dalam konteks agama islam, menyampaikan ilmu, menyeru kepada kebaikan disebut sebagai dakwah. Ada anjuran dalam Al-quran agar kita menjadi penyeru kebaikan, seperti dalam ayat berikut:

“ Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung” (QS. Ali ‘Imran: 104)

Ketika saya mengikuti tarjim, pada saat sampai ayat di atas, guru mengaji kami, Ustadz Masyhudi dari LPPIQ, menambahkan tips strategi berdakwa dalam Al-qur’an. Beliau menjelaskan bahwa hendaknya dalam berdakwah kita senantiasa bil hikmah wal mau’idhah hasanah wa syawir hum billati hiya ahsan. Berikut ini penjelasannya:

  1. Bil hikmah: dalam berdakwah hendaknya kita menyampaikan pesan dengan arif dan bijaksana. Berbeda orang yang kita layani, berbeda cara yang kita terapkan. Disini pentingnya seorang pembicara mengenali siapa audience-nya. Melihat kondisi audience, termasuk permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga saat menyampaikan pesan akan mengena karena bisa menjadi solusi persoalan kehidupan para audience-nya. Maka penting bagi para penyeru kebaikan untuk senantiasa update terhadap permasalahan masyarakat pada umumnya dan mengkondisikan sesuai dengan audience yang akan dilayani.
  2. Wal mau’idhah hasanah: dalam berdakwah hendaknya kita pandai memilih bahasa dan timing yang tepat. Ada orang yang suka to the point, ada orang yang lebih suka digiring dulu sebelum sampai pada pokok persoalan. Jika ilmu diibaratkan seperti air, maka tipe audience ada yang seperti mangkok, ada yang seperti botol. Tentu sangat mudah menuang air ke dalam mangkok karena ia begitu membuka diri. Inilah open-minded audience. Mudah mentransfer ilmu pada jenis audience ini. Sebaliknya, tidak mudah untuk menuang air ke dalam botol. Ia memiliki lubang yang sempit meski sebenarnya ruang kosongnya juga banyak. Maka, cara kita menyampaikan ilmu pada audience tipe botol, yang pikirannya sempit, sok tahu, dst., adalah harus dengan sabar dan membutuhkan alat.
  3. Wa syawir hum billati hiya ahsan: dalam berdakwah hendaknya kita melibatkan audience. Mengajak mereka bermusyawarah. Mencari persamaan dalam perbedaan. menghindari berbantah-bantahan. Disini diperlukan seorang penyampai pesan yang menguasai materi, memiliki fondasi keilmuan yang kuat sehingga mudah meyakinkan mereka yang masih ragu atau belum tahu. Seperti qoute yang mengatakan: With knowledge comes confidence. With confidence comes power to influence. Dengan ilmu kita jadi percaya diri. Kepercayaan diri akan menumbuhkan kekuatan untuk mempengaruhi.

Maka ketika kita ingin menjadi orang-orang yang beruntung seperti yang disampaikan dalam Surat Ali ‘Imran ayat 104, mari kita menyeru pada kebaikan dengan melakukan tiga anjuran diatas. Good luck!

3 Comments

  1. 02/03/2019    

    Artikel yang sangat bagus …
    Informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Mohon informasinya min …
    Bagaimana tata cara menulis yang baik dan benar sehingga nantinya menarik di baca dan tulisan yang dimuat bisa bermanfaat bagi orang lain??
    Mohon ulasannya …
    Terimakasih salam kenal …

  2. 22/08/2019    

    Microsoft Live Chat Support Office Error Code Message Support for Office 2010, 2013, 2016, 2019, 365 including Word Excel Outlook PowerPoint error message code
    office error code

  3. 09/09/2019    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What They Say

Follow Me

Error: To protect our users from spam and other malicious activity, this account is temporarily locked. Please log in to https://twitter.com to unlock your account.