Hearty Service Trainer

Rok Mini, Hati Maxi

 Berada di komunitas yang positif akan membuat kita bisa terus berbenah ke arah yang lebih baik. Kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik bisa mulai dilumpuhkan dan kebiasaan yang ekstrim buruk bisa dibinasakan. Memang jika menganut hukum pareto, kualitas diri kita 80% dipengaruhi oleh lingkungan. Karenanya, ilmu pengembangan diri manapun selalu mengajarkan untuk bergaul di kelompok-kelompok yang satu visi dengan tujuan hidup yang hendak dicapai. Bahkan dalam lagu ‘Tombo Ati’ disebutkan bahwa yang ketiga adalah berkumpul dengan orang-orang saleh.

However, proses pengembangan diri tak selamanya indah dan mudah. Inilah yang terjadi pada beberapa sahabat saya. Karena berbagai latar belakang, banyak dari sahabat wanita saya ini harus berkarir di pekerjaannya sekarang. Dilema pun mulai muncul saat hati mereka terketuk untuk hidup dalam keimanan yang lebih baik. Keinginan untuk menutup aurat seperti yang dinasehatkan oleh agama berbenturan dengan aturan di tempatnya bekerja yang telah memiliki standar seragam yang berbeda dengan keinnginan hatinya. Well, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Mungkin sebagian dari kita bisa dengan mudah bilang ‘Take it or Leave it’. Sebagian dari mereka tak bisa dengan mudah meninggalkan pekerjaan mereka sekarang. Mereka hidup dalam kenyataan yang memiliki berbagai kebutuhan dan tuntutannya. Sebagian dari mereka adalah tulang punggung keluarga, seorang single parent, atau apapun yang intinya tak bisa meninggalkan pekerjaan sebelum mendapat ganti sumber pendapatan. Ibaratnya, mereka tak bisa bakar kapal tanpa ada sekoci untuk penyelamatan. Otherwise, mereka bisa mati tenggelam. Logis!

Kegalauan mereka makin membuncah saat mereka mulai masuk ke komunitas positif. Ketika ada anggota komunitas yang tahu ia belum sepenuhnya menutup aurat, masih “On and Off”, tak jarang anggota komunitas tersebut terus melontarkan kata-kata negatif karena ketidaksegeraannya menutup aurat. Maka perasaan galau pun mendera mereka. Pengin lanjut di komunitas positif, tak tahan dengan sindiran-sindiran negatif. Mau keluar dari komunitas positif, mereka sangat membutuhkan lingkungan yang lebih baik untuk berbenah. Now what?

Maka, salah satu tips yang bisa dilakukan adalah: Manage your Mind! Kelola pikiran ini bertujuan untuk menjaga kesehatan pikiran yang nanti berujung pada kebersihan hati bahkan kesehatan ragawi. Mengelola pikiran berarti mampu menyeleksi pikiran-pikiran yang boleh masuk ke dalam diri. Ambil yang memberdayakan, yang menguatkan niat kita untuk mencapai tujuan; dan buang pikiran-pikiran yang hanya akan melemahkan bahkan berpotensi membuat sakit hati.

Saat hal ini sudah mampu kita jalani, maka kita akan lebih damai dengan diri sendiri. Kondisi ini yang akan membantu percepatan pencapaian tujuan. Kondisi pikiran yang jernih dan hati yang bersih akan memudahkan kita mendapat solusi dari segala permasalahan.

So, ask yourself. Do your best to praise Allah!

Tanya dirimu sendiri. Hal terbaik apa yang bisa kamu lakukan saat ini untuk memujiNYA. Abaikan komentar orang lain yang tak membantu.

Bukankah ketika kamu mau pake jilbab terus akan ada yang mengomentari dan ada konsekuensi?; kamu kadang pakai kadang tidak juga ada yang mengomentari; kamu memilih sama sekali tidak pakai seperti sebelumnya pun juga ada yang mengomentari dan bertentangan dengan nurani diri yang ingin berbenah?.

Again, ask yourself. Do your best to praise Allah!

Meski rok mu kadang masih mini (karena tuntutan / aturan di tempat kerja), Tuhan pasti tahu saat hatimu maxi. Dan ijinkan kuasaNYA yang akan mempermudahmu mendekat padaNYA. Percayalah saudariku, saat engkau merinduNYA, DIA pun sedang sangat mengharapkan kau mendekat padaNYA. Dan tunggu sekoci penyelamatan dariNYA.

 

#note buat mereka yang sudah positif dan di komunitas positif: hargailah usaha orang yang terus berusaha memperbaiki dirinya. Rangkullah mereka dengan cinta. Hal baik akan tetap bernilai baik jika cara-cara yang digunakan juga baik

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What They Say

Follow Me